Sabtu, 16 Agustus 2014

Untukmu Pejuang Tangguh 2014!



As-Salaamu 'alaykum.

Adik-adikku, Maba FT 2014.. Selamat datang di Fakultas Tangguh-nya Kampus Pendidikan! Temen-temen harus bersyukur nih bisa masuk ke UNJ, temen2 patut untuk berbangga bahwa disini merupakan kampus yang mendidik para calon pendidik masa depan! Apalagi kalian masuk FT, wah berarti kalian akan jadi Pendidik Tangguh Masa Depan, keren ya. Makanya betah-betah ya di UNJ.

Oh iya berhubung temen-temen baru di UNJ, pasti pada polos kan? hehe. Sama, kaka juga dulu begitu. Tapi kaka bersyukur disini kaka dibimbing, gak dilepas gitu aja. Nah sekarang karna temen2 butuh bimbingan, dari BEM FT bersama Aliansi 7 Lembaga FT itu ada program yg namanya Gen BIRU.

Apa sih Gen BIRU? Gen BIRU itu Generasi Berkarakter, Intelektual, Religius, dan Unggul. Di program itulah temen2 dibimbing dengan metode lingkaran kecil atau biasa kita sebut dengan mentoring. Di mentoring kamu bisa dapetin macem2, dengan dibimbing oleh kakak Fasil, kamu bisa konsultasi masalah perkuliahan atau mau kepo2 tentang dunia kampus juga boleh! Nah ikutin terus tuh programnya. Jangan sampe bolong tuh ingetin. OKE.

Di dunia perkuliahan, ada banyak nih tipe-tipe mahasiswa. Ada Kupu2, Kura2, Kuda2, dan Kunang2. Wih banyak hewan ya di kampus hehe. Bukan ko, nih dia penjelasannya:
  1. Kupu2 alias Kuliah Pulang Kuliah Pulang. Nah spesies mahasiswa yg satu ini kerjaannya di kampus cuman kuliah trus pulang. 
  2. Kura2 alias Kuliah Rapat Kuliah Rapat. Kalo spesies ini bisa kita sebut dengan aktivis kampus nih. 
  3. Kuda2 alias Kuliah Dakwah Kuliah Dakwah. Kalo yg ini nih mahasiswa yg bukan sekedar aktivis tapi juga Akhtivis hehe. Jadi di kampus selain kuliah, dia juga berdakwah, kirim2 taushiyah, duh mantap dah. 
  4. Kunang2 alias Kuliah Nangkring Kuliah Nangkring. Nah spesies yg ini mahasiswa yg abis kuliah langsung nangkring atau nongkrong. Ngomonginnya macem2.

Nah temen2 bisa pilih spesies apakah anda? hehe. Masing2 tergantung karakter temen2. Yang jelas nasehat kaka, jadilah mahasiswa yang senantiasa menebar manfaat bagi orang lain.

Hmm, nah organisasi. Anak Kuliahan ga jauh2 dari organisasi. Di kampus buanyak bgt Ormawa (Organisasi Mahasiswa). Dari Eksekutif, Legislatif, atau Unit. Nah kaka mau ngenalin nih ada organisasi apa aja sih di FT. Kaka sebutin ya, nanti kamu cari tau sendiri. OKE.
  1. BEM FT (http://bemftunj.org)
  2. BPM FT (http://bpmftunj.wordpress.com/about)
  3. FSI Al-Biruni (http://fsialbiruni.org)
  4. HMJ TE (http://hmjteunj.org)
  5. BEMJ IKK (http://unj-ikk.blogspot.com)
  6. BEMJ Mesin (http://jurusanteknikmesinunj.blogspot.com)
  7. Hima Sipil (http://himasipilunj.co.cc)

Nah ormawa di FT ini berkerjasama menjadi Aliansi 7 Lembaga. Kalian memiliki hak untuk mengikuti agenda2 mereka yg bersifat umum, seperti Kajian, Festival, Expo, dll. Dan temen2 bisa gabung ke ormawa ketika semester 2. Organisasi itu menjadi salah satu cara kita untuk senantiasa menebar manfaat. Jadi, kenapa enggak?

Sekarang tentang Aksi. Mahasiswa juga dekat dengan yg namanya aksi. Tapi temen2 jgn salah paham dulu nih. Ga semua aksi itu rusuh. Bahkan Aksi Mahasiswa ini sebagai bentuk idealisme mahasiswa dalam menyuarakan aspirasi rakyat kepada para pemegang kekuasaan. Nah, aksi itu ga selalu teriak-teriak ya, walaupun lebih dominan itu, karena mahasiswa disebut pemuda karena semangatnya yang menggelora. Ada pula aksi kreatif dan aksi kepedulian. Baru-baru ini Palestina digempur oleh tentara israel. Nah mahasiswa harus memberikan kontribusinya atas isu kemanusiaan ini. Mahasiswa melakukan penggalangan dana rutin selama seminggu, dan itu juga disebut aksi. Jadi, sekali lagi itu pun merupakan sarana kita sebagai mahasiswa untuk bermanfaat bagi orang lain.

Hmm, intinya pesen kaka buat temen2, tetep semangat menjalani dunia perkuliahan, seimbangkan waktumu antara mencari ilmu dan membagi ilmu. Jadikan hidupmu bermanfaat bagi diri dan orang lain. Ingat, mahasiswa disebut pemuda karena semangat yang menggelora. Maka bersemangatlah, Hidup Mahasiswa!

Selamat datang wahai Generasi BIRU nan baru.

Selamat datang kaum intelektual muda.

Selamat datang generasi pembangun masa depan.

Was-Salaamu 'alaykum. :)

Oleh: Mujahid Robbani Sholahudin (PTIK TE’13)

0 komentar:

Posting Komentar