Selasa, 19 Agustus 2014

TIBAS!! Budaya Super Keren di UNJ


Apa sih Tibas?
Tibas adalah kependekan dari Tilawah Ba’da Sholat. Tibas adalah salah satu dari Budaya Muslim UNJ nomer urut ke-2. Dilihat dari bahasanya, budaya kan sesuatu yg dibiasakan oleh masyarakat. Jadi ternyata membaca Al-Quran setelah sholat itu udah jadi kebiasaan nih bagi mahasiswa UNJ! Waah, ini budaya yang patut untuk diikuti dan dijadikan tradisi. Apalagi budaya yg satu ini, suaaangat banyak keuntungannya! Apa aja emang? Check it out!
Keutamaan Tibas

1. Pahalanya per huruf!
Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan Alif Laam Miim satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469 

2. Menghapuskan kesalahan
Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. (QS. Hud: 114)
3. Lancar ataupun terbata-bata tetap berpahala 
“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala (HR. Muslim) 
4. Menjadi Syafa’at di hari kiamat
“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya (HR. Muslim). 
5. Udah wangi, Enak pula 
“Umpama orang mukmin yang membaca Al Quran seperti buah Utrujjah, baunya wangi dan rasanya enak. Umpama orang mukmin yang tidak membaca Al Quran seperti buah Tamar tidak ada bau dan rasanya manis, dan umpama orang munafik yang membaca Al Quran seperti Raihanah, baunya wangi dan rasanya pahit dan umpama orang munafik yang tidak membaca Al Quran seperti buah labu yang tiada bau dan rasanya pahit”.  (HR. Bukhari & Muslim) 
6. Solusi Tepat agar khatam Quran dalam sebulan 
"Bacalah (khatamkanlah) Al Quran dalam sebulan.” (HR. Bukhari) Coba bayangkan! Jika kita melakukan Tibas dengan kuantitas bacaan 2 lembar tiap sholat. 2 x 5=10. Dengan asumsi satu bulan 30 hari. Maka tercapai sudah!
Nah itu dia keutamaan2nya.. Banyak kaan. Tunggu apa lagi? Jgn cuma dibayangin. YUK TIBAS!

0 komentar:

Posting Komentar