Senin, 04 Mei 2015

Press Release PKMUNJ 2 2015

PRESS RELEASE
PKMUNJ 2 2015
Jumat, 1 Mei 2015, peserta PKMUNJ berangkat dari Stasiun Jakarta Kota pukul 10.15 menuju ke Stasiun Karawang dan mereka tiba di sana pukul 11.55. Dikarenakan hari Jumat maka para laki-laki diarahkan oleh panitia untuk segera menuju ke salah satu masjid di dekat Stasiun. Sedangkan para peserta perempuan menyusul setelah para peserta laki-laki kembali ke Stasiun pukul 13.00. Lalu para peserta makan siang hingga pukul 14.30.
Setelah itu puluhan angkot pun telah siap mengangkut 100an peserta dan panitia menuju ke Pesisir Pantai Cemara, Desa Pisangan, Kecamatan Cibuaya, Karawang,Jawa Barat dan sampai di sana pukul 16.30. Sampai di sana para peserta di arahkan untuk sholat Ashar lalu segera berkumpul di lapangan dekat masjid. Peserta dikumpulkan untuk memulai apel pembukaan.
Pembukaan diawali oleh MC yang bernama Tis (FIP’12) dengan membaca lafaz basmalah. Setelah itu dibacakan tilawah oleh Muham (FBS’12). Dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana PKMUNJ 2015 yaitu Aji Handoyo Mukti (FE’12), Ketua BEM UNJ 2015 yaitu Ronny Setiawan (FMIPA’12) dan Kabag. Kemahasiswaan UNJ yaitu Pak Uded Darusalam, S.Pd, M.AP. Setelah itu masing-masing kelompok di arahkan untuk menuju ke Homestay yang merupakan rumah warga setempat.
Peserta diberikan instruksi untuk bersalam sapa dengan tuan rumah, beres-beres dan masak hingga waktu maghrib. Ketika maghrib tiba, peserta menunaikan sholat maghrib berjama’ah di masjid, bagi perempuan sholat di homestay. Setelah sholat para peserta kembali ke homestay dan memakan masakan kelompok masing-masing hingga adzan Isya’ berkumandang para peserta sholat di masjid dan para perempuan setelah sholat di homestay langsung menuju ke masjid untuk mengikuti agenda berikutnya bersama-sama.
Agenda berikutnya adalah presentasi penugasan kelompok sekitar pukul 20.00, sebelumnya dari jauh-jauh hari masing-masing kelompok sudah diberikan tugas kelompok untuk melakukan wawancara ke Kementrian RI, BEM Universitas lain, serta Lembaga Internal atau UPT di UNJ yang berbeda-beda tiap kelompoknya. Sesi pertama presentasi dengan tema Kementrian RI berlangsung hingga pukul 22.00. Karena belum seluruhnya presentasi, maka presentasi akan dilanjutkan keesokan harinya. Seluruh peserta diberikan instruksi untuk kembali ke Homestay dan segera tidur.
Setelah itu peserta bangun pukul 04.00 dan bagi muslim melakukan qiyamullail di hometay masing-masing hingga pukul 04.30. Peserta melakukan sholat shubuh dan membaca al-ma’tsurat hingga pukul 05.00. Lalu peserta kembali ke homestay masing-masing untuk memasak makanan , makan dan beres-beres hingga pukul 07.00.
Pukul 07.00 peserta diminta menuju ke masjid untuk kembali melanjutkan presentasi kelompok dengan tema lanjutan Kementrian RI dan ditambah dengan tema BEM Universitas lain hingga pukul 11.00. Lalu pukul 11.00 materi tentang Counter Intelegent yang dibawakan oleh bang Abdul Aziz (Kadept. Sospol BEMUNJ ’03) di samping masjid. Materi hingga  pukul 12.00 ditandai dengan berkumandangnya adzan Zhuhur.
Setelah itu sholat Zhuhur dan langsung dilanjutkan dengan presentasi kelompok hingga tuntas pukul 15.00. Setelah itu sholat Ashar hingga 15.30 dan ada materi kedua yang bertemakan Public Relation yang dibawakan oleh bang Akmal Dicky (Ketua BEMUNJ ’06) hingga pukul 17.30. Setelah itu seluruh peserta diberikan tantangan untuk memberi ucapan tulisan yang diberikan kepada satu warga yang berisikan Selamat Hari Pendidikan 2 Mei 2015 #PKMUNJ2015 dan menanyakan kepada warga tersebut apa pendapat mereka tentang pendidikan di Indonesia, lalu diupload ke FB foto dan quotes maksimal jam 22.00. Sedangkan laporan nama, alamat, dan nomer telp warga harus diberikan kepda panitia maksimal Isya’. Seluruh peserta langsung bergerak cepat melaksanakannya.
Lalu peserta sholat maghrib, membaca al-ma’tsurat dan sholat isya’. Setelah itu masing-masingkelompok diminta untuk menyiapkan jamuan untuk ramah tamah bersama warga. Persiapan memasak hingga pukul 20.30. Lalu seluruh peserta bersama warga berdatangan ke masjid untuk memulai Ramah Tamah.
Ramah Tamah dimulai dan diberikan sambutan oleh Ketua Pelaksana PKMUNJ dan Tokoh Masyarakat, yaitu Ust. Kholil. Acara ini berlangsung dengan menyenangkan hingga pukul 22.30. Lalu peserta dipulangkan ke homestay masing-masing.
Seperti biasa bangun pukul 04.00 untuk Qiyamullail dan Sholat shubuh serta Al-Ma’tsurat. Setelah itu masak dan sarapan hingga pukul 07.00. Lalu peserta dikumpulkan di masjid untuk ice breakingserta Sosialisasi PKMU 3 oleh Panitia Acara. Setelah itu peserta diinstruksikan untuk melakukan Pra Pengabdian Masyarakat dengan membagi masing-masing kelompok dengan 3 kelompok kecil dengan komposisi 3 orang untuk fokus memasak di homestay, beberapa orang untuk mengajar anak-anak warga dan beberapa orang untuk bersih-bersih sekitar yaitu mengambil sampah-sampah plastik di sekitar masjid, memperbaiki got, dan memperbaiki jalanan rusak hingga pukul 10.00. Namun belum selesai, sudah waktunya untuk sholat dhuha di masjid lalu ada materi terakhir yaitu Kapita Selekta BEM UNJ yang dibawakan oleh bang Ronny, bang Irvandi beserta jajaran pengurus BEM UNJ di masjid hingga pukul 11.00. Pada materi ini sekaligus dilakukan pembacaan renstra oleh perwakilan 1 laki-laki dan 1 perempuan lalu dikoreksi oleh BEMUNJ.
Setelah seluruh peserta perempuan diminta untuk kembali ke homestay untuk beres-beres, dan untuk laki-laki diminta untuk merampungkan pengabdiannya dan beberes hingga pukul 12.00. Lalu seluruh peserta sholat zhuhur di masjid dan diminta untuk packing, makan siang dan foto keluarga serta pamitan hingga pukul 13.30. Lalu peserta diminta membawa barang2nya ke lapangan dekat masjid untuk melakukan apel penutupan.
Sebelum apel penutupan satu peserta diminta untuk menyampaikan kesan pesan. Lalu dilanjutkan dengan sambutan penutupan oleh bang Ronny. Agenda PKMUNJ 2 ditutup dengan doa oleh Muham hingga pukul 14.00. Lalu peserta mulai berjalan ke tempat Truk Ikan untuk pulang ke Stasiun Karawang. Lalu setelah itu peserta pulang naik kereta dari Stasiun Karawang ke jakarta Kota hingga sampai di sana pukul 19.00.

0 komentar:

Posting Komentar